The Launching Statement




On Wednesday, December 12, 2012 (12-12-12), let us express the simple idea of Indonesia which we call the "LITTLE INDONESIA". This idea is a manifestation of the desire to introduce Indonesia to the kids at in early age, at the age where they have a great curiosity and ability to absorb information without boundaries.


LITTLE INDONESIA was born from the process of journey where in each journey node we saw a lot of annoying things. We've seen a young teen so stutters when calling the meaning of the independence for our beloved country, the symbol of nation, the nation motto, and some important and historic for the nation. On the other hand they are so eloquently spoke of the various cultures from the outside. There is a time at an international school, when about 5 years old kids is fluently when calling the US independence day but do not know their own country's independence day.



Still in the same journey, we look at another moment when there are kids so eloquently refer to a variety of cartoon characters from the outside, such as Angry Birds, Sponge Bob, Doraemon, Spiderman, and so forth. Many are even idolize those characters. The cartoon characters adorn the various equipment attributes of the kids; they are developed into a kind of "hero" for the kids. There is nothing wrong with this phenomenon but unfortunately the character does not represent Indonesia, not tell anything about Indonesia. Our kids love them but did not get any message about our beloved country.


Both moments along with the other moment caught in the same journey, gave birth to the idea to introduce Indonesia to the kids through its variety of unique and distinctive attributes. We want to visualize Indonesia in the term of its various cultures, customs, habits, and even animals and plants typically the country in the form of exciting "pop art design". We like to apply in a variety of kids goods, such as shirts, pants, hats, bags, etc. . We also created a character named "Orie" (Original Indonesia) as a logo, adapting young Orangutan, the only one great ape living in Indonesia and native to Indonesia. Through this character we want to speak about the diversity of Indonesia. We call all these ideas by LITTLE INDONESIA. By this medium we like to inspire kids for getting to know Indonesia and foster a sense of patriotism since in the age of growing and developing. LITTLE INDONESIA developed with commercial constructions without losing the roots of idealism.



On this auspicious occasion we intend to introduce to the audience the LITTLE INDONESIA. We use this opportunity to express gratitude to all the parties for their support during the preparation period until the introduced to the audience. May the same support will continue when we go into next step.






Pada hari Rabu, tanggal 12 Desember 2012 (12-12-12), perkenankan kami menyampaikan gagasan sederhana tentang Indonesia yang kami sebut dengan “LITTLE INDONESIA”. Gagasan ini merupakan manifestasi dari keinginan untuk mengenalkan Indonesia kepada anak – anak pada usia dini, di usia dimana mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar dan kemampuan menyerap informasi tanpa batas.
  
LITTLE INDONESIA, lahir dari proses perjalanan, dimana pada setiap simpul perjalanan kami melihat banyak hal yang menggelitik hati dan pikiran. Kami pernah melihat anak - anak muda berusia belasan tahun begitu gagap ketika menyebut arti hari kemerdekaan, lambang negara Indonesia, semboyan negara, dan beberapa hal penting dan bersejarah bagi bangsa. Di sisi lain mereka begitu fasih ketika bertutur tentang berbagai budaya dari luar. Ada sebuah peristiwa menyesakan di sebuah sekolah bernuansa internasional, ketika seorang anak Indonesia berusia sekitar 5 tahun dengan lancar menyebut hari kemerdekaan negara USA, tetapi tidak tahu hari kemerdekaan negerinya sendiri. 

Masih dalam perjalanan yang sama, kami meihat momen lain ketika anak – anak di usia balita begitu fasih menyebut berbagai karakter kartun dari luar, seperti Angry Birds, Sponge Bob, Doraemon, Spiderman, dan lain sebagainya. Banyak yang bahkan mengidolakan karakter – karakter tersebut. Karakter kartun itu menghiasi berbagai atribut pakaian dan perlengkapan anak, dan berkembang menjadi semacam “hero” bagi anak. Tidak ada yang salah dengan fenomena ini, hanya sayangnya karakter – karakter itu tidak merepresentasikan Indonesia, tidak juga bertutur sedikitpun tentang Indonesia. Anak – anak menyukainya tetapi tidak mendapat pesan apapun tentang keindonesiaan.  

Momen itu bersama dengan momen – momen lain yang tertangkap dalam perjalanan yang sama, melahirkan gagasan untuk mengenalkan Indonesia kepada anak lewat berbagai atribut unik dan khasnya. Kami ingin mengemas Indonesia melalui visualisasi berbagai budaya, adat, kebiasaan, bahkan hewan dan tanaman khasnya dalam bentuk “pop art design” yang menarik dan mengaplikasikannya dalam berbagai perlengkapan anak (kids goods), seperti baju, celana, topi, tas, dan lain sebagainya. Kami juga menciptakan tokoh kartun bernama “Orie” (Original Indonesia) sebagai logo, dengan mengadaptasi anak Orangutan, satu – satunya kera besar yang hidup di Indonesia sehingga merupakan hewan asli Indonesia. Melalui Orie kami ingin bertutur mengenai keragaman Indonesia. Kami menyebut semua gagasan ini dengan LITTLE INDONESIA, dan lewat media ini kami berharap dapat menginspirasi anak – anak untuk kian mengenal Indonesia dan memupuk rasa cinta tanah air sejak berada dalam usia tumbuh dan berkembang. LITTLE INDONESIA dikembangkan dengan bangunan komersial tanpa meninggalkan akar idealismenya. 

Pada kesempatan yang baik ini, dengan memohon ridlo Allah SWT dan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, kami bermaksud memperkenalkan LITTLE INDONESIA kepada khalayak. Semoga Allah SWT meluruskan niat dan memudahkan perjalanan selanjutnya. Kesempatan ini kami pergunakan juga untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan selama masa persiapan sehingga tiba saatnya diperkenalkan ke khalayak, kami berharap dukungan yang sama akan terus berlanjut ketika kami menapak jejak langkah berikutnya



Jakarta, December 12, 2012

LITTLE INDONESIA

The Ideas of Indonesia